Review Novel Landline

download

Judul : Landline

Penulis :  Rainbow Rowell

Penerbit : Spring

Penerjemah : Airien Kusumawardani

Rating on Goodreads : 3.55/5

Rating dari Shelly Fw : 5/5

Sinopsis :

JIKA KAU PUNYA KESEMPATAN KEDUA UNTUK CINTA, APA KAU AKAN MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG SAMA?

Sebagai mesin waktu, sebuah telepon ajaib tidak terlalu berguna.

Penulis acara TV Georgie McCool tidak bisa benar-benar mengunjungi masa lalu–satu-satunya yang bisa ia lakukan hanya meneleponnya, dan berharap masa lalunya menjawab.

Dan berharap pria iitu menjawab.

Karena begitu Georgie sadar ia memiliki telepon ajaib yang bisa menghubungi masa lalu, ia hanya ingin memulihkan hubungannya dengan sang suami, Neal.

Mungkin Georgie bisa memperbaiki berbagai hal di masa lalu mereka yang sepertinya sudah tidak bisa diperbaiki di masa sekarang. Mungkin telepon konyol ini memberi Georgie kesempatan untuk mengulang semua dari awal lagi….

Apa Georgie ingin mengulang semua dari awal?

===

[Apa kau memang mencintaiku, Georgie?]
“Lebih dari apa pun,” jawab Georgie.
hlm. 114

 

“Kalau aku tidak punya akal,” kata Georgie, “bagaimana mungkin aku bisa membuatmu melakukan hampir semua yang kuinginkan.”
[Kau tidak membuat-ku melakukan apa-apa. Aku melakukannya begitu saja. Karena aku mencintaimu.]
hlm. 120

Kutipan dialog di atas adalah percakapan telepon antara Neal (dialog Neal diapit tanda kurung siku) dengan istrinya, Georgie. Ah, tunggu. Rasanya ada yang keliru. Benarkah seperti itu? Karena nyatanya, Neal yang menjawab telepon Georgie adalah Neal lima belas tahun lalu, semasih Georgie dan Neal berpacaran.

Dan telepon yang membuat hal itu mungkin adalah sebuah telepon tua berwarna kuning.

Rasanya memang ajaib dan saya rasa Rainbow Rowell telah mengemas serta meramu cerita ini dengan amat sangat baik. Bahasa terjemahannya juga oke, nggak ada masalah sama sekali. Kalau biasanya saya ‘lelah’ dan ‘gerah’ membaca novel yang melulu membahas cinta, cinta, dan cinta, kali ini justru saya dibuat melting dan terkagum-kagum. Manis dan heartwarming.

Georgie adalah penulis, sedangkan Neal adalah komikus. And I just found out that:
love + creativity = WONDERFUL INFINITE PERFECT LOVE

Dan bagian favorit saya adalah ketika Neal dan Georgie hendak tidur, lalu Georgie mendapat ide namun ia tidak menemukan kertas. Akhirnya, Neal membantu Georgie untuk mengingat ide itu dan menuliskannya untuk Georgie. ASDFGHJKL. Salut pokoknya sama penulis satu ini. Hehe. Selain karakter Neal dan Georgie terbangun dengan apik dan baik, saya juga jatuh cinta dengan Seth yang cantik dan wittyhehe.

Sudut pandang yang diambil pun menarik, yaitu sudut pandang orang ketiga terbatas-subjektif. Hmmm. CMIIW.

5/5 untuk novel ini. Meskipun nggak dijelaskan lebih lanjut tentang asal usul tentang ‘telepon ajaib’ itu namun saya rasa ini sudah lebih dari cukup. Pesan moral dalam cerita ini sangat simpel namun juga worth it, yaitu untuk menghargai setiap waktu yang kita miliki dengan orang-orang terkasih. Secara keseluruhan, cerita ini lebih baik dari harapan saya. Kisah cinta yang sangat manis-tanpa-membuat-diabetes.

Sekian. Tak lupa saya ucapkan terima kasih untuk kak Wahyu dan Penerbit Spring atas kesempatan giveaway novel ini dan juga atas kesempatan menang buat saya. Alhamdulillah. Hehe.

Review Shelly Fw bisa dilihat di sini.

Leave a Reply

